Monday, June 06, 2005

Tentang HTML dalam Blog

Untuk membuat blog, diperlukan sedikit pemahaman tentang bahasa HTML (HyperText Markup Language), yaitu bahasa yang bisa dibaca oleh semua browser seperti Internet Explorer, Netscape, Opera atau Mozilla. Ini bahasa yang digunakan dalam setiap halaman web. Satu halaman web sama dengan satu file dengan ekstension html atau htm, misalnya filegue.html atau filegue.htm.

Struktur HTML sebenarnya berisi file *.txt (text) yang bisa dibuka di Notepad, Wordpad atau Microsoft Word. Contoh struktur sebuah halaman web bisa dilihat melalui semua browser, misalnya Internet Explorer, pada bagian "View" di kiri atas, trus pilih "Source". Di situ bakal terlihat kode html dari halaman web tersebut.

Struktur dasar file html adalah:

< html >

< head >
< title > .... < /title >
< /head >

< body >

....
....
....

< /body >

< /html >

Setiap halaman web selalu "dibuka" dan kemudian "ditutup" lagi dengan html tag. Dengan kata lain, setiap halaman html selalu berada di antara < html > dan < /html >. Bagian di antara < head > dan < /head > merupakan header yang tak akan terlihat. Tag atau "perintah" tersebut bakal menentukan "anatomi" sebuah halaman website Bagian antara < body > dan < /body > adalah isi dari sebuah website yang bakal keluar bila halaman website tersebut dibuka.

Sebagai latihan, copy-paste tag html di atas ke notepad, lalu save as, misalnya sebagai dokumen file1.html. Aktifkan browser, lalu buka dokumen tersebut. Lihat apa yang muncul?

Ada banyak tag html yang mengatur sebuah halaman web. Di sini ada beberapa contoh yang perlu diketahu untuk mengisi blog:

Bold tag: < b > dan < /b >, apa pun yang ditulis di antara tag ini bakal jadi bold atau cetak tebal. Teks < b >TEBAL< /b > akan menjadi TEBAL.

Italic tag: < i > dan < /i >, apapun yang kamu ditulis di antara tag ini bakal jadi italic atau cetak miring. < i >Miring< /i > maka hasilnya akan jadi Miring.

Link tag: < a href="http://www.linkgue.com">Link Gue< /a >. Tag ini akan dibaca jadi Link Gue, yang kalau diklik akan menuju ke http://www.linkgue.com. Perintah ini berguna untuk mengaitkan (link sebuah blog ke blog atau website lain. Link biasanya digunakan untuk mencatat ke mana saja seorang peselancar internet pernah pergi atau untuk mengaitkan blognya dengan blog yang relevan atau menarik.

Tag lain yang perlu diketahui adalah tag untuk menampilkan gambar ke blog atau website, yakni < img src="filegambar.jpg" >. Dengan tag semacam ini, gambar yang diambil adalah dokumen filegambar.jpg. Jika gambar ada di sebuah halaman web tertentu, masukkan saja url-nya atau alamat tempat gambar tersebut berada. Untuk melihat url sebuah gambar, klik kanan trus liat "Properties", lihat ke bagian "Address (URL)" nya. Copy-paste tulisan itu, lalu masukan ke tag gambar.

Kalau mau belajar lebih lanjut dan mencari contoh-contoh tag silakan kunjungi beberapa situs di bawah ini:

W3Schools
DevyCom
WillcamCom
WebDesignGroup
WebSource
HtmlDog
BigNose

Jelas? Sampai jumpa di posting berikutnya.

2 comments:

Ibune Mas Ata & De' Ufa said...

Pak Wicaksono,
Saya baru saja membuat blog tetapi beberapa hari kemudian blog saya ada perubahan view-nya. Saya ga ngerti bahasa HTML tetapi yang jelas pada bagian profil saya yang harusnya ada dipaling atas bagian kanan blog jadi turun sekali ke bawah. Bagaimana mengembalikannya ya Pak? Mohon pencerahannya. Terima kasih

Muhammad Reza said...

kunjungi blog ku morezpsivirgo.blogspot.com.karyanya bagus