Monday, June 06, 2005

Tools untuk Blog

Supaya sebuah log lebih interaktif, lengkapi dengan tools. Ada alternatif tools gratis dan relatif gampang dipakai, tapi cukup asyik.

Fasilitas comment atau komentar. Berkat fasilitas ini setiap posting bisa dikomentari oleh orang yang membacanya. Dengan adanya fasilitas ini, blog jadi lebih interaktif karena semua pengunjung bisa kirim komentar/masukan/kritikan untuk setiap posting.

Ada beberapa fasilitas gratis yang bisa dipilih, misalnya YACCS yang paling populer. Sayang, layanan situs ini cuma menerima 100 pemakai baru tiap harinya. Yang mau mendaftar juga harus antre. Tiap 6 jam sekali dia menerima 25 pendaftar baru.

Sebagai alternatif, cobalah Enetation yang punya simbol (smiley) lucu atau Netcomments. Keduanya menerima pendaftaran kapan saja.

Ada juga tools Guestbook. Sesuai namanya, guestbook alias buku tamu adalah tempat pengunjung bisa meninggalkan pesan untuk pemilik blog. Salah satu penyedia fasilitas gratis ini Sign My Guestbook. Layanannya lumayan karena ia menyediakan hampir full customization tampilan guestbook. Bisa juga memilih salah satu template.

Satu tools lain yang biasanya ada dalam sebuah blog adalah Tag-Board atau Chat-Board. Ini fasilitas obrolan (chatting). Pengunjung juga bisa memberi komentar pendek di situ. Tools ini bisa diambil di Tag Board atau Chatter dari Flooble. Sign up di website tersebut, lalu pasang script yang mereka sediakan di tempat yang diinginkan di blog.

Masih perlu yang lain? Nantikan terus posting selanjutnya.

No comments: